Tugas sebagai SURVEYOR

Secara umum, tugas surveyor adalah mengumpulkan informasi atau data melalui site surveys atau survei langsung ke lapangan dengan menggunakan berbagai macam alat. Perusahaan konstruksi membutuhkan surveyor untuk memastikan tidak ada halangan terkait dengan penggunaan tanah dan legalitasnya. - Surveyor adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan sejumlah skill khusus. Selain itu, tanggung jawab surveyor juga cukup besar, sehingga tak sembarang orang bisa ditugaskan sebagai surveyor. 
Memang profesi yang satu ini cukup terdengar asing bagi sebagian orang. Lantas apa sih surveyor itu? Lalu apa saja skill wajib yang dibutuhkan untuk menjadi surveyor? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel berikut ini. Surveyor Adalah Surveyor adalah seseorang yang melakukan survei atau pengukuran untuk mendapatkan data tentang suatu wilayah atau objek tertentu. Surveyor dapat melakukan survei untuk berbagai tujuan, seperti survei tanah untuk tujuan konstruksi atau survei peta yang bertujuan untuk navigasi jalan. Baca artikel detikbali, "Surveyor Adalah: Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill Wajib"
surveyor-adalah-tugas-tanggung-jawab-dan-skill-wajib. Dilansir situs Resources Workable, surveyor biasanya menggunakan peralatan seperti GPS, alat pengukur jarak dan sudut, dan perangkat lunak khusus untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan. 
Nantinya, hasil survei dapat digunakan untuk membuat peta, model digital, atau dokumentasi teknis lainnya yang diperlukan untuk pengerjaan suatu proyek. 
 Profesi yang satu ini sangat membutuhkan keterampilan teknis yang tinggi dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip matematika. Tak hanya itu, seorang surveyor juga harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta undang-undang dan peraturan yang berkaitan dengan bidang survei. 
Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab ketika bekerja. Mengutip situs Indeed, berikut tugas dan tanggung jawab surveyor. 
Melakukan survei dan pemetaan lahan untuk keperluan konstruksi, seperti pembangunan jalan, gedung, instalasi listrik, dan lain sebagainya. 
Membuat laporan dari hasil survei, kemudian disampaikan kepada pemilik atau investor properti baru. Mengawasi staff di lapangan saat bekerja. 
Menganalisis data survei dan mengecek sertifikat tanah atau bangunan. Mencatat garis dan bidang properti atau lahan secara akurat. 
Skill Wajib Seorang Surveyor Profesi seorang surveyor tidak bisa dianggap mudah, detikers. Selain tanggung jawabnya yang besar, dibutuhkan juga sejumlah skill khusus agar tugas di dalam maupun luar lapangan bisa diselesaikan dengan lancar. 
 Dikutip dari situs Resources Workable, berikut sejumlah skill yang wajib dimiliki seorang surveyor. Memiliki gelar di bidang teknik sipil atau bidang yang relevan. 
Mempunyai sertifikat surveyor yang valid. 
Memiliki kemampuan matematika yang baik, termasuk geometri, trigonometri, dan kalkulus. Mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Menguasai pemahaman yang baik tentang teknologi dan peralatan survei, seperti GPS, theodolit, dan perangkat pengukur laser. 
Kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain, baik secara lisan maupun tertulis. Mampu bekerja sama dalam tim dengan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi besar untuk pekerjaannya. Gaji Surveyor di Indonesia Sebagian dari detikers mungkin penasaran, berapa sih gaji yang diterima oleh surveyor setiap bulannya? 

Dilansir situs Indeed, rata-rata gaji seorang surveyor di 
Indonesia adalah Rp 4.699.776 per bulan. Kota dengan gaji surveyor terbesar di Indonesia dipegang oleh Bogor, dengan nominal sebesar Rp 5,9 jutaan per bulan. 
Baru setelah itu disusul Jakarta yang mencapai Rp 5,6 jutaan per bulan, kemudian di posisi ketiga ada kota Bekasi dengan gaji surveyor di angka Rp 5,5 jutaan per bulan. Berikut daftar nominal rata-rata gaji pekerja surveyor di Indonesia yang dilansir situs Indeed: 
Bogor:          Rp 5.902.113 per bulan 
Jakarta:       Rp 5.589.828 per bulan 
Bekasi:        Rp 5.526.922 per bulan 
Surabaya:   Rp 5.389.969 per bulan 
Tangerang: Rp 4.966.540 per bulan 
Bandung:    Rp 4.673.404 per bulan 
Denpasar:   Rp 4.622.517 per bulan 
Semarang:  Rp 4.001.887 per bulan 
Gianyar:      Rp 3.800.192 per bulan 
Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu surveyor beserta tugas, tanggung jawab, rata-rata gaji per bulan, dan skill wajib yang dimiliki seorang surveyor. Semoga artikel ini dapat membantu detikers yang tengah mencari informasi tentang surveyor serta nominal gaji yang didapat. Baca artikel detikbali, "Surveyor Adalah: Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill Wajib" surveyor-adalah-tugas-tanggung-jawab-dan-skill-wajib. 
Honor Surveyor Sebelum Ada Kenaikan BBM dal lain-lain nya,.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

surveyor19

Robotic